Info Terbaru 2022

Cara Gampang Reset Bios Komputer Dengan Benar

Cara Gampang Reset Bios Komputer Dengan Benar
Cara Gampang Reset Bios Komputer Dengan Benar
cara reset bios komputer, memberikankut ini panduan komputer akan membahasnya.Reset BIOS mempunyai fungsi untuk mengembalikan fungsi BIOS ke mode default. Hal ini sanggup dipakai untuk menghilangkan password yang disetting melalui BIOS atau dengan tujuan clear BIOS lainnya.

 Apakah Anda pernah melaksanakan reset BIOS Cara Praktis Reset BIOS Komputer Dengan Benar

Fungsi Reset BIOS Computer

Inilah beberapa fungsi dari reset BIOS sebelum kita berguru cara reset BIOS komputer :
  1. Reset BIOS dibutuhkan bila terjadi kesalahan dalam pengaturan BIOS sehingga diharapkan mengembalikan BIOS dalam seting awal.
  2. Saat melaksanakan upgrade atau downgrade prosesor. Penggantian prosesor sanggup menyebabkan motherboard tidak sanggup bekerja. Hal ini disebabkan oleh setting BIOS usang masih membaca bus clock dan ratio prosesor yang lama. Namun, Anda tidak perlu khawatir lantaran pada motherboard terbaru telah terdapat fitur autodetection
  3. BIOS Komputer terpassword baik lantaran lupa maupun di password sahabat yang sedang iseng. Clear password merupakan cara termemperringan dan sepele untuk menghilangkan password yang telah dibuat.
Reset BIOS merupakan pengetahuan dasar bagi seorang teknisi komputer. Saya rasa pembaca telah mengetahui cara reset BIOS komputer. Tetapi tidak ada salahnya bila kita tulis kembali untuk membantu teman-teman yang belum bisa melaksanakan Reset BIOS.

Cara Reset BIOS Computer

  • Lepaskan komputer dari sumber listrik dengan cara mencabut kabel power dari stop kontak dan juga silakan cabut kabel power 24 pin (kabel power supply) dari motherboard komputer Anda.
  • Silakan tunggu beberapa ketika semoga listrik benar-benar hilang dari motherboard Anda. Untuk mempercepatnya Anda sanggup menekan tombol power komputer agak lama. Hal ini dimaksudnya untuk menghabiskan seluruh tegangan sisa yang tersimpan di beberapa komponen komputer menyerupai condensator electrolit pada motherboard.
  • Pada tubuh motherboard silakan cari tombol atau jumper yang terdapat goresan pena CLR CMOS. Biasanya terdapat bersahabat dengan baterai CMOS. Jumper clear CMOS ini biasanya terdiri dari 2 jenis yaitu ada yang memakai 2 pin atau 3 pin. Jika memakai tombol, tekan tombol clearnya. Namun, bila tipe jumper 3 pin, sialkan Anda pindahkan posisi jamper ke sisi lainnnya. Dan untuk tipe jumper 2 pin, Anda tinggal menjumper kedua pin tersebut. Jika Anda tidak mempunyai jumper Anda sanggup menshortkan kedua pin tersebut memakai obeng sesuai ketentuan, saya sendiri biasanya memakai ujung ballpoint. Intinya yakni semoga kedua pin terjadi short. Tunggu beberapa saat.
  • Kemudian kembalikanlah posisi jumper ke posisi tiruanla. Cabut jumper untuk tipe 2 pin atau kembalikan jumper ke daerah sebelumnya untuk yang memakai 3 pin.
  • Pasang kembali kabel power suppler 24 pin ke motherboard kemudian hubungkan kembali kabel power ke stop kontak.Silakan tekan tombol power untuk menyalakan komputer, apabila reset BIOS berhasil maka setting BIOS akan kembali ke mode default.Jika masih belum berhasil silakan ulangi cara diatas, apabila belum berhasil juga silakan :
  • Lakukan langkah 1-2 dan kemudian cabut baterai BIOS gres lakukanlah kembali langkah ke 3-5.
  • Apabila belum sukses juga silakan ulangi langkah 1-2, dan cabutlah tiruana kabel power supply pada motherboard, lepaslah baterai BIOS & Memory (RAM) Komputer. Stelah itu silakan ulangi langkah ke 3-5.
  • Langkah terakhir bila tiruana cara tersebut belum berhasil juga yakni kembali lakukanlah langkah ke 1-2, dan silakan lepaskan tiruana komponen yang ada pada motherboard yaitu Processor, RAM dan juga Card lainnya menyerupai VGA Card, Sound Card dan lainnya. Lalu kebersihankan motherboard dari kotoran kemudian ulangi langkah 3 diatas, kali ini diamkan selama kurang ludang kecepeh 30 menit. Setelah itu gres ulangi langkah 3-5.
Nah, demikianlah artikel Tips Komputer wacana Cara Reset BIOS Komputer, semoga memberi manfaat untuk kita tiruana. Amin. Terima kasih atas kunjungan Anda. 
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90