Info Terbaru 2022

Menganalisa Dan Memperbaiki Kerusakan Komputer Yang Sering Restart

Menganalisa Dan Memperbaiki Kerusakan Komputer Yang Sering Restart
Menganalisa Dan Memperbaiki Kerusakan Komputer Yang Sering Restart
Panduan Komputer, Menganalisa dan Memperbaiki Kerusakan Komputer yang sering restart - Ada banyak hal yang menjadikan komputer restart sendiri, sanggup disebabkan dari kerusakan Software (Windows/Linux, dll) sanggup juga disebabkan lantaran kerusakan dari Hardware nya.

Menganalisa dan Memperbaiki Kerusakan Komputer yang sering restart Menganalisa dan Memperbaiki Kerusakan Komputer yang sering restart

Menganalisa Penyebab Komputer Restart Sendiri

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menganalisa gejala-gejala yang timbul sebelum komputer merestart sendiri, sehingga kita sanggup mengetahui dari segi Software atau Hardware yang mungkin rusak.

Gejala-gejala yang biasanya timbul :
  1. Komputer restart apabila sedang membuka aplikasi tertentu (games, browser, dan aplikasi lain)

    Apabila kondisi ini diikuti dengan berhentinya sejenak mouse (hang putus-putus, sebentar jalan sebentar hang) Sudah sanggup dipastikan 80% kerusakan ada pada Hardisk, biasanya kerusakan diakibatkan lantaran timbulnya Bad Sector pada Cluster Hardisk.
    Solusinya yaitu dengan melaksanakan scaning pada Hardisk tersebut, apabila kondisi sector yang rusak tidak terlalu parah maka kita sanggup mengakalinya dengan memotong pada pecahan hardisk yang rusak.

    Tetapi apabila tidak timbul tanda-tanda diatas, dan setiap komputer restart sehabis kita membuka aplikasi yang sama, berarti kerusakan terdapat pada aplikasi tersebut (software).
    Solusinya yaitu dengan memmembuang (uninstall) aplikasi tersebut.

  2. Komputer restart dengan ditandai dengan tampilan layar yang berwarna biru (Blue Screen) yang diberisi perihal keterangan perihal pemaksaan mematikan komputer akhir terjadinya kegagalan hardware.

    Pada kondisi ini sudah sanggup dipastikan 70% lantaran kegagalan hardware komputer.
    Solusinya pertama yang harus dilakukan yaitu dengan melaksanakan pengecekan Driver dari hardware yang digunakan, sanggup juga dilakukan dengan melaksanakan update driver, terkadang beberapa file driver sanggup rusak (corrupt).

    Apabila kita telah yakin bahwa tiruana driver hardware telah bagus, tetapi komputer masih sering me-restart sendiri, solusi kedua yang sanggup dilakukan yaitu dengan melaksanakan pengecekan kondisi hardware utama (Temperatur Prosesor, RAM, dan Hardisk) dalam komputer
  3. Apabila langkah-langkah diatas telah dilakukan dan kesannya masih tetap sama, langkah terakhir yaitu dengan melaksanakan Penginstallan Ulang dari Sistem Operasi Komputer
  4. Apabila langkah terakhir sudah dilakukan sudah sanggup dipastikan kerusakan ada pada Motherboard.

    Coba bukalah Casing CPU, kemudian perhatikan kondisi Elcho pada motherboard, apabila kondisi Elcho telah "hamil" / kembung (terdapat pemekaran pada tutup atas elcho), maka perbaikan sanggup dilakukan dengan mengganti komponen tersebut. (gambar menyusul, belum ada sample)
Demikian klarifikasi saya perihal cara untuk menganalisa kerusakan komputer yang sering me-restart sendiri berdasarkan pengalaman langsung saya, apabila terdapat banyak kesalahan saya mohon maaf. Semoga berkhasiat.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90